Sabtu, 03 Juni 2017

Tips & Trick Menjahit untuk Pemula Part 2



Holla jumpa lagi dalam tips and trik dalam menjahit part 2. Setelah sebelumnya aku udah memberikan beberapa tips sebelum menjahit, kali ini aku akan memberikan tips untuk memulai menjahit bagi kamu para pemula.
1.             Mengukur Badan
Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum menjahit ialah mengukur badan terlebih dahulu, agar baju yang sudah dijahit nantinya bisa sesuai ukuran dibadan kamu. Yang perlu kamu ukur ialah lebar bahu, lebar dada, lingkar badan, lingkar dada,  panjang punggung, lebar punggung, panjang tangan, panjang baju, lingkar leher, dan lainnya.

2.             Membuat Pola
Setelah kamu mengukur badan kamu, hal yang perlu kamu  lakukan selanjutnya ialah membuat pola. Pola dibutuhkan untuk memudahkan kita dalam memotong bahan kain yang akan kita jahit agar kain tidak terbuang mubazir dan juga bisa untuk menghemat kain. Dan ukuran untuk pola tadi diambil dari ukuran badan yang telah kamu ukur sebelumnya.

 

3.             Potong Kain
Selesai pola dibuat selanjutnya kamu akan memotong kain. Dalam memotong kain diperlukan pola agar potongan kain bisa lebih rapi. Adapun cara memotong kain yang benar adalah sebagai berikut ini:
·           Letakkan pola badan depan di lipatan kain yang akan dijahit nantinya.
·           Letakkan pola badan belakang dibagian pinggir kain dan lengan di sisi kain lainnya
·           Setelah sudah siap, potonglah secara perlahan kain dan sisakan untuk jahitan sekitar 1 cm diluar gambar pola.

4.             Jahit Baju
Dan langkah yang terakhir ialah menjahit bagian bagian kain yang telah dipotong sebelumnya. Jahitlah secara perlahan dan teliti agar terhindar dari kesalahan menjahit. 


Adapun cara menjahit yang benar untuk pemula adalah :
·           Perhatikan tempat penjepit benang di mesin jahit yang kamu punya. Tips penting, saat mulai menjahit, pastikan penjepit benang tepat di atas dan jarum berada pada posisi yang lebih tinggi karena jika tidak benang tidak akan terpasang.
·           Cobalah beberapa tusuk jahitan terlebih dahulu untuk memastikan apakah jarum yang kamu gunakan sudah pas pada bahan yang akan dijahit agar terhindar dari permasalahan benang macet saat menjahit.
·           Saat menjahit sudut atau lekukan, jangan pernah menghentikan jahitan ketika jarum berada di atas atau keluar dari bahan. Biarkan jarum menempel pada bahan untuk mendapatkan hasil jahitan yang sempurna.
·           Saat melihat benang pada jahitan kamu terlalu kencang atau kendur, atau ketika jahitan mesin jahit kamu melompat, kamu bisa mengulangnya agar terhindar dari hasil yang renggang.
·           Pastikan untuk selalu menggunakan jarum baru yang tajam karena jarum yang sudah terlalu sering digunakan bisa mengakibatkan kemacetan benang serta merusak bahan yang dijahit.
·           Warna berbeda pada sekoci (bobbin) dan gulungan (spool) benang tidak  masalah, tapi pastikan jenisnya sama untuk menghindari kemacetan.
·           Mulailah dengan menjahit garis lurus, caranya jangan melihat jarum, tapi jaga gerakan tetap lurus. Fokus pada mata justru akan membingungkan.
·           Jangan pernah membuang sisa kain setelah membuat pola. Gunakan potongannya untuk berlatih. Ketika belajar menjahit bagi pemula bukan berarti kamu dituntut untuk langsung menghasilkan jahitan yang sempurna. Mencoba jahitan pada kain bekas akan lebih aman dari pada merusak kain berharga yang kamu punya.
·           Selalu periksa gulungan benang pada sekoci mesin jahitmu. Agar terhindar dari benang yang habis saat ditengah jahitan. Lebih baik kamu mengganti gulungan benang sebelum benar-benar habis agar tidak mengganggu proses menjahit.
·           Coba menjahit dengan jarak 0,5 cm dari tepi kain. Saat sudah mencapai ujung, jahit berbalik arah menumpuk jahitan awal sebanyak beberapa jahitan sebelum menggunting benang. Menjahit dua kali di bagian ujung kain dan meninggalkan benang agak panjang lebih baik dari pada mengunci dan memotong pendek benang.
·           Untuk menghindari kekacauan, mulai semua jahitan dengan memegang ujung benang di tangan kiri terutama pada kain-kain berbahan tipis.
·           Kontrol kecepatan dan bergerak pelan, tapi pasti.
·           Saat akan menjahit bagian pinggir, tekan dengan baik agar jahitan kamu terlihat sempurna. 


       Sekian untuk tips and trik menjahit kali ini. Semoga tips yang aku berikan hari ini dapat membantu kalian semua. Keep Spirit!!!

Sumber:
http://www.ketikanku.com/2017/02/tips-menjahit-baju.html
https://blog.ruparupa.id/tips-belajar-menjahit-bagi-pemula/

1 komentar:

 

Simple Things About Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang